Aneka Cara Membuka Kunci Pintu Yang Patah

Kadang kala kita akan dihadapkan pada masalah terkait kunci master. Termasuk di antaranya adalah membuka kunci yang patah di dalam lubangnya atau masalah lain yang menyebabkan kita tak bisa membuka kunci secara normal sebagaimana mestinya. Kita harus tahu aneka cara membuka kunci pintu yang patah berikut ini. Sebelumnya, harus kita ketahui terlebih dahulu bentuk serta berat dari kunci tersebut. Akan lebih mudah dalam membuka kunci apabila bobotnya ringan. Cara yang paling umum serta mudah ialah dengan mendobrak kunci menggunakan kunci 999. Kita bisa mendapatkan kunci 999 ini di tukang kunci. Namun, bisa jadi kita akan dicurigai saat membeli kunci 999 karena kerap digunakan untuk hal-hal yang tak semestinya.
Cara Membuka Kunci Pintu Yang Patah
foto:youtube.com
Jika cara mencabut kunci yang tidak bisa dicabut dengan menggunakan kunci 999 di atas terbilang cukup beresiko, maka kita bisa menerapkan cara berikut. Menghancurkan kunci bisa dilakukan, tapi hanya apabila kuncinya murah atau kita menggunakan peralatan canggih.

1.Gunakan palu berukuran besar karena pukulan keras seringkali akan dapat membuka kunci. Hal ini tak berlaku bagi semua jenis kunci terutama kunci yang besar dan berat, namun masih layak dicoba. Menghancurkan kunci juga takkan dapat dilakukan jika pintunya terbuat dari kayu karena bisa jadi kita akan turut menghancurkan pintunya.

2.Selain menggunakan palu besar, kita juga bisa memanfaatkan bor listrik agar dapat masuk tepat di bagian tengah kunci. Cara ini juga tidak bisa diterapkan pada semua jenis kunci karena jika tidak tepat justru akan membuatnya tak bisa dibuka lagi.

3.Gergaji listrik dapat digunakan untuk membelah kunci yang patah di dalam. Benda ini efektif karena akan turut membuka kunci. Jangan lupa untuk menggunakan pelindung mata saat menggunakannya.

4.Pemotong baut bisa dicoba untuk digunakan pada pengait, terutama apabila kunci terhubung pada kabel. Cara ini sekaligus menjadi solusi kunci mobil patah yang bisa dipraktekkan. Potong bagian pengait agar kita bisa memotong kabelnya, bukan kuncinya.

5.Coba juga menggunakan tang yang akan membantu jika celah pada lubang kunci berukuran cukup besar dan tang bisa dimasukkan. Jika gemboknya berukuran besar, kita dapat menggunakan jack mobil.

6.Dalam membuka kunci dengan cara menghancurkannya, jangan gunakan senjata api. Hal ini mungkin akan efektif dalam membuka kunci, apalagi jika digunakan senapan yang bertenaga tinggi, akan tetapi sangat mungkin beberapa bagian kunci terlempar dan mengenai kita.

Cara membuka pintu rumah yg terkunci dari dalam berikutnya adalah dengan membeli alat bantu atau membuatnya sendiri. Alat bantu untuk membuka kunci ini bisa ditemukan di toko kunci offline maupun online.

1.Alat bantu untuk membuka kunci ini juga bisa dibuat sendiri menggunakan botol aluminium. Dengan membuatnya sendiri, kita takkan perlu mengeluarkan uang.

2.Alat ini harus dibuat dengan teliti serta perlahan agar kita juga bisa membuka kunci dalam keadaan utuh.

3.Namun alat ini mungkin takkan bekerja jika kita hendak membuka kunci yang kualitasnya tinggi. Alat pembuka kunci buatan sendiri hanya akan dapat digunakan untuk membuka kunci yang kualitasnya rendah.

Solusi bagi kunci rumah tidak bisa diputar berikutnya adalah dengan mencoba memecahkan kombinasi kunci, mengambil anak kunci hingga mendapatkan kombinasi kuncinya.

1.Cobalah untuk memecahkan kombinasi kunci menggunakan beberapa perhitungan serta percobaan. Kita juga harus tangkas dalam merasakan titik-titik yang mencuat dari kunci.

2.Cara lain yang bisa dicoba ialah mengambil anak kunci. Jika ternyata ada potongan anak kunci yang tertinggal dalam lubang kunci, kita bisa mencoba untuk mengambilnya. Namun, hal ini butuh latihan serta tidak disarankan apabila kita sedang terburu-buru karena prosesnya butuh kesabaran. Kita juga butuh peralatan khusus seperti torsi kunci, obeng tipis atau kunci inggris.

3.Mendapatkan kombinasi kunci bisa dilakukan agar kita dapat membuka kunci yang tertutup. Hal ini hanya berlaku bagi kunci digital dan cara ini belum familiar di Indonesia. Di luar negeri, mendapatkan kombinasi kunci bisa dilakukan dengan mengisi formulir Lost Combination Form dan menemui notaris. Setelah formulir disahkan notaris, fotokopi serial number dari kunci dan kirimkan ke alamat Master Lock Warehouse. Sayangnya cara ini tidak berlaku di Indonesia.

Dalam menangani kunci patah atau tertinggal dengan cara menyambung kunci yang patah, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terkait keamanannya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1.Pastikan kita mengikuti prosedur keamanan secara tepat terutama dalam penggunaan alat-alat berat seperti gergaji listrik, palu dan lain-lain. Jika perlu, mintalah bantuan orang lain karena jika salah dalam menggunakannya, alat-alat tersebut justru bisa melukai kita.

2.Berhati-hatilah saat menggunakan alat pembuka kunci yang dibeli di tukang kunci. Kita mungkin akan dicurigai hendak berbuat jahat. Menggunakan alat buatan sendiri juga harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian agar kunci patah bisa diambil dan pintu terbuka dengan benar.

3.Jangan menggunakan senapan. Walau efektif membuka kunci pintu yang patah, namun serpihan logam dari kunci akan bisa terlempar dan mengenai kita. Hal ini bisa berakibat fatal jika serpihan logam tersebut mengenai mata atau bagian vital lainnya.

4.Jangan coba-coba mendobrak pintu menggunakan bahu. Cara ini hanya berhasil di film dan takkan jadi kenyataan karena justru bisa jadi bahu kita cedera apabila mendobrak pintu.

5.Yang terpenting adalah jangan membuka pintu yang memang bukan milik kita. Walau kita tahu bagaimana cara membukanya dengan menggunakan alat khusus, namun jika pintu tersebut memang bukan milik kita atau bukan kapasitas kita untuk membukanya, maka jangan mendobrak dengan sengaja.

Aneka cara mengeluarkan kunci mobil yang patah di atas butuh kehati-hatian dan kesabaran. Jika kita tidak bisa melakukannya seorang diri, lebih baik memanggil orang yang berpengalaman untuk melakukannya. Menjalankan prosedur yang salah justru akan membuat kunci makin macet dan pintu tidak bisa terbuka lagi. Mengeluarkan kunci yang patah dari dalam lubangnya memang butuh kesabaran karena ukuran lubang kunci yang kecil dan lokasi patahan kunci yang tak terlihat dengan mudah.

Kita mungkin juga akan membutuhkan cara menyambung kunci motor yang patah. Penyambungan kunci ini seringkali berhasil, namun berpotensi akan kembali patah di dalam jika tak digunakan secara hati-hati. Alternatif yang bisa dilakukan ialah menggunakan kunci serep atau membuat kunci serep di tukang kunci. Kita juga bisa membawa kunci motor yang patah ke dealer guna mendapat kunci baru atau dibantu untuk mengeluarkan patahan kunci dalam lubangnya. Demikian adalah beberapa cara yang bisa digunakan dalam mengatasi kunci patah dalam lubang. Dengan adanya cara-cara serta peringatan di atas, diharapkan kunci yang patah bisa teratasi dan kita bisa membuka pintu atau menjalankan kendaraan secara normal.

Post a Comment for "Aneka Cara Membuka Kunci Pintu Yang Patah"