Cara Membuat Meja Belajar Sendiri dengan Mudah dan Sederhana

Meja belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung kegiatan belajar anak di rumah. Dengan menggunakan meja belajar, maka anak-anak menjadi semakin nyaman dan mudah dalam menjalankan proses belajarnya. Oleh karena itu, biasanya para orang tua akan menyediakan meja belajar untuk menunjang kegiatan belajar anak. Meja belajar sendiri tidak harus didapatkan dengan cara membeli di toko. Para orang tua bisa memberikan meja belajar yang nyaman dengan cara membuat meja belajar sendiri. Membuat meja belajar sendiri bersama anak tentu akan lebih asyik dan bisa menambah semangat belajar si anak.
Cara Membuat Meja Belajar Sendiri
foto:palsepuluh.net
Langkah Membuat Meja Belajar yang Sederhana

Seperti yang kita ketahui, ada banyak jenis material yang dapat kita gunakan untuk membuat meja belajar sederhana. Mulai dari bahan kayu, triplek, hingga kardus bekas. Oleh karena itu, Anda bisa memilih jenis material yang akan digunakan untuk membuat meja belajar yang diinginkan. Selain menentukan jenis bahan, membuat desain meja belajar juga menjadi hal yang wajib dilakukan. Sebaiknya, buatlah meja belajar dengan model atau desain yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman saat belajar menggunakan meja tersebut. Pada umumnya, meja belajar memiliki beberapa komponen yang penting, seperti laci atau tempat penyimpanan buku. Selain itu, adanya tempat kaki pada meja belajar juga semakin membuat nyaman saat digunakan. Lalu, bagaimana cara membuat meja belajar sederhana di rumah? Yuk, ikuti prosesnya!

1.Siapkan Alat dan Bahan
Sebelum memulai proses pembuatan meja belajar anak, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan. Nah, bahan utama yang wajib dipersiapkan dalam pembuatan meja beajar ini adalah kayu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jenis bahan utama lainnya, seperti triplek, barang bekas, kardus, atau jenis barang lainnya. Pada umumnya, cara membuat meja belajar dari triplek, kardus, atau barang lainnya adalah melalui proses yang sama. Selain menyiapkan bahan utama, Anda juga harus menyiapkan beberapa bahan penting lainnya, seperti lem, paku, cat kayu, sekrup, dan paku.

Selain mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan, Anda juga harus menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan dalam pembuatan meja belajar sederhana. Alat perkakas yang dibutuhkan di antaranya adalah alat ampelas kayu, palu, gergaji, dan kuas. Dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, maka proses pembuatan meja belajar bisa berjalan dengan cepat, lancar, dan tidak menemui kesulitan.

2.Tentukan model atau desain meja belajar
Setelah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, proses atau cara membuat meja belajar kayu sederhana adalah mencari dan memilih desain meja belajar yang diinginkan. Jadi, Anda harus menemukan desain yang cocok terlebih dahulu sebelum melakukan pemotongan kayu. Dengan begitu, maka Anda tidak akan salah potong dan pekerjaan juga akan lebih efektif serta efisien. Untuk mempermudah proses atau prosedur pembuatan meja belajar, sebaiknya Anda mencari referensi di internet atau melalui sumber informasi lainnya mengenai urutan pembuatan meja belajar yang mudah dan sederhana. Setelah menemukan referensi yang cocok, maka Anda bisa bekerja dengan mengikuti prosedur tersebut.

Dalam menentukan desain meja belajar, sebaiknya Anda mempertimbangkan perihal ukuran meja belajar yang akan dibuat. Pastikan bahwa meja belajar yang akan dibuat sesuai dengan luas ruangan yang akan menjadi tempat meja belajar tersebut diletakkan. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan mengenai bagian-bagian apa saja yang akan melengkapi meja belajar tersebut. Sebaiknya, meja belajar memiliki rak buku, laci, dan tempat kaki agar semakin efisien untuk digunakan. Agar penampilan meja belajar menjadi semakin menarik, maka Anda bisa mempercantik desainnya dengan cara membuat hiasan meja belajar.

3.Buat seluruh bagian meja
Setelah menemukan desain meja belajar yang diinginkan, maka kini saatnya Anda memulai untuk membuat masing-masing bagian meja belajar yang dibutuhkan. Pertama, Anda bisa membuat papan sebagai permukaan meja belajar. Bentuk permukaan meja ini bisa dibuat sesuai dengan selera Anda. Anda bisa membuatnya dengan bentuk persegi panjang atau membuatnya dengan bentuk yang sedikit melengkung agar tampilannya lebih menarik. Jika Anda berniat untuk membuat meja belajar lipat, maka ada cara khusus yang wajib diperhatikan. Cara membuat meja belajar lipat anak yaitu dengan membuat papan meja berukuran lebih kecil, yaitu hanya berukuran sekitar 30cm x 50cm saja, sedangkan ukuran meja belajar kayu pada umumnya adalah 2 x 1 meter. Agar penampilan papan permukaan meja menjadi lebih menarik, maka Anda juga bisa menambahkan sedikit ukiran sebagai hiasan meja. Setelah membuat bagian papan meja, kini saatnya Anda membuat bagian-bagian meja lainnya. Beberapa bagian penting lainnya adalah kaki meja, rak buku, tempat kaki, laci, dan beberapa bagian lain yang dibutuhkan. Agar penampilannya lebih menarik, maka haluskan semua papan kayu tersebut menggunakan pengampelas kayu.

4.Pasang Seluruh Bagian Meja Belajar Menjadi Satu
Untuk menyatukan semua bagian-bagian meja, maka Anda membutuhkan bantuan sekrup, paku, dan lem. Cara membuat meja belajar dari kardus akan membutuhkan lem yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan bahan kayu atau triplek. Proses pembuatan meja belajar dari kardus yaitu dengan cara menumpuk beberapa buah kardus, kemudian masing-masing disatukan dengan menggunakan lem. Agar meja belajar dapat awet dan tahan lama, maka pastikan bahwa Anda menggunakan jenis lem yang berkualitas. Jika Anda menggunakan material kayu atau triplek, maka gunakan paku atau sekrup untuk menyatukan seluruh bagian-bagian meja. Setelah semua bagian terpasang, jangan lupa untuk mengecek ulang meja belajar yang telah selesai dibuat. Cek seluruh bagian meja yang dilem atau dipaku. Pastikan bahwa semua bagian meja terpasang dengan kuat.

5.Lakukan Finishing
Proses finishing sebaiknya dilakukan setelah seluruh lem pada bagian meja mengering sempurna. Finishing dilakukan dengan tujuan untuk membuat penampilan meja belajar menjadi semakin menarik. Cara membuat meja belajar lipat dari kayu pada proses finishing ini adalah dengan melakukan pengecatan meja menggunakan cat kayu dan pernis. Dengan begitu, maka penampilan meja belajar akan semakin cantik dan manis.

Demikian informasi mengenai cara membuat meja belajar dari barang bekas, kayu, dan triplek. Cara pembuatannya sangat mudah bukan? Membuat meja belajar sendiri memang sangat mudah dan menguntungkan. Dengan membuat meja belajar sendiri di rumah, maka kita bisa menghemat biaya pembelian meja belajar yang cukup mahal di pasaran. Selain cocok untuk anak-anak di rumah, cara membuat meja belajar sederhana ini juga cocok diaplikasikan oleh Anda yang tinggal di kost. Dengan cara ini, Anda tentu bisa membuat meja belajar dengan model atau desain yang sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan. Selain itu, membuat meja belajar dari barang bekas juga merupakan hal yang sangat baik karena bisa mengurangi sampah dan mengolahnya kembali menjadi barang yang bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Meja Belajar Sendiri dengan Mudah dan Sederhana"