Cara Menambal Talang Seng yang Ampuh dan Mudah

Pada sebuah bangunan keberadaan talang air menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan karena fungsinya yang cukup penting. Talang air ini sangat bermanfaat untuk drainase air ketika kondisi hujan melanda. Tanpa adanya talang air maka air hujan yang mengenai atap akan menggenang dan bisa menimbulkan masalah kebocoran.Jika talang terlanjur bocor Anda harus segera mencari cara menambal talang seng agar kebocoran segera teratasi. Adanya talang membuat Anda dapat mengatur ke mana aliran limpahan air hujan akan dibuang dari bagian atap rumah. Nah, talang ini pun tersedia dengan material penyusun yang bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan mulai dari talang seng, talang karpet, spandek maupun plastik. Masing-masing bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan penggunaannya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.
cara menambal talang seng
foto:youtube.com
Apapun material penyusunnya, masalah yang kerap kali datang pada talang ini adalah kebocoran. Kebocoran yang terjadi pada talang dapat menimbulkan permasalahan lain seperti atap bocor. Air hujan yang mengenai atap akan menggenang dan membuat rembesan yang lama-kelamaan dapat merusak bagian atap Anda. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh siapapun, oleh karena itu penting untuk selalu mengecek kondisi talang air dan memperbaikinya segera ketika terjadi penyumbatan ataupun kebocoran. Penambalan seng bocor ini dapat Anda lakukan sendiri ataupun meminta bantuan pada tukang yang sudah lebih paham dan terampil dengan masalah perbaikan talang. Berikut ini beberapa cara menambal talang yang bocor dari berbagai jenis bahan penyusun mulai dari seng, karpet dan spandek :

Cara menambal talang yang terbuat dari seng

Cara mengambal talang seng yang bolong ini menjadi salah satu informasi yang banyak dicari karena talang seng ini merupakan salah satu yang sangat umum dimiliki oleh masyarakat. Talang seng umumnya mudah mengalami kebocoran karena sifat seng sebagai logam yang mudah terkikis. Apabila jenis seng yang digunakan bukan merupakan seng dengan kualitas unggul seringkali seng lebih mudah mengalami oksidasi dan perkaratan. Perkaratan yang terjadi pada permukaan seng ini lamakelamaan akan membuat seng menjadi terkikis dan berlubang hingga berakhir pada kebocoran. Biasanya kebocoran ini lebih mudah terjadi pada peralihan musim dari kemarau ke penghujan karena kondisi seng sering terpapat perubahan cuaca yang ekstrim dari panas kemudian terkena limpahan air hujan.

Cara menambal seng yang bolong dapat dilakukan menggunakan lakban seng. Lakban khusus seng ini dapat Anda temukan dengan mudah di toko-toko bangunan terdekat di wilayah Anda. Lakban ini memiliki bentuk yang serupa dengan lakban pada umumnya hanya saja memang materialnya dibuat khusus untuk dapat menutupi permukaan logam seng. Pada lakban untuk seng ini terdapat 3 lapisan, lapisan paling atas berupa alumunium foil tipis, lapisan kedua berupa aspal yang dipress tipis serta lapisan ketiga merupakan plastik yang membuat lakban tidak saling menempel antar gulungannya. Bagian utama yang berfungsi untuk menambal seng adalah pada bagian tengah yang berupa lapisan aspal yang sudah dipress hingga tipis menyerupai lakban.

Cara penggunaan lakban ini cukup mudah seperti lakban biasa yaitu ditempelkan di bagian talang seng yang bolong atau bocor. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa permukaan seng harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum lakban ditempel agar lakban mudah melekat. Setelah lakban tertempel di permukaan seng Anda bisa memberikan panas tambahan dari korek maupun api di bagian atas lakban untuk semakin merekatkan agar kebocoran tertambal sempurna. Lakban ini tidak hanya bisa digunakan untuk menambal talang tetapi juga dapat digunakan sebagai cara menambal seng bocor lainnya. Selain menambal bocor dengan lakban, Anda juga dapat menggunakan bahan lain yaitu lem talang seng untuk menambal sambungan seng yang bocor atau berkarat. Selain itu, lapisi pula dengan cat penambal seng bocor agar kebocoran benar-benar tertambal sempurna.

Cara menambal talang karpet

Selain seng, ada pula talang air yang terbuat dari karpet. Bahan talang dari karpet ini banyak dipilh karena memiliki kelebihan dari talang seng biasa seperti lebih fleksibel, murah, tidak berisik serta mudah dipasang. Karpet talang ini umumnya terbuat dari bahan semacam plastik yang tidak dapat berkarat. Meskipun ada beberapa kelebihan yang dimiliki, talang karpet ini juga tidak lepas dari permasalahan kebocoran. Kebocoran pada talang karpet terjadi karena adanya pelapukan material akibat paparan cuaca yang berubah-ubah. Apabila kebocoran sudah terjadi maka harus segera dilakukan tindakan cara menambal talang karpet yang bocor agar kenyamanan di dalam rumah tidak terganggu.

Cara menambal kebocoran pada talang karpet ini cukup mudah yaitu dengan menggunakan lakban khusus seng atau resin dan met. Kedua cara ini sama mudahnya untuk diterapkan, hanya saja yang membedakan keduanya adalah harga bahannya. Harga resin dan met ini cenderung lebih mahal dibandingkan harga lem untuk seng sehingga penambalan dengan lem dapat lebih menghemat pengeluaran. Lakban untuk seng ternyata juga dapat dipergunakan untuk menambal talang dari material lainnya seperti plastik. Cara aplikasinya juga serupa dengan cara menambal talang dari seng menggunakan lakban khusus ini. Pastikan permukaan talang sudah dibersihkan dari debu dan kotoran. Kemudian lakban bisa langsung direkatkan pada permukaan yang berlubang dan ditekan dengan kuat dan rata. Ulangi meratakan dan menekan lakban sampai Anda yakin bahwa lakban sudah merekat sempurna.

Cara menambal atap spandek bocor

Sebagian dari Anda mungkin belum tahu mengenai atap spandek ini. Atap spandek merupakan atap yang terbuat dari material zinc alume. Material ini memang banyak digunakan karena ringan dan awet. Akan tetapi atap spandek ini juga tetap dapat mengalami kebocoran karena berbagai sebab mulai dari kesalahan pemasangan, kemiringan rumah hingga adanya lubang pada permukaan atap. Permasalahan kebocoran karena posisi pemasangan ataupun posisi rumah yang kurang tepat dapat diatasi dengan melakukan pemasangan ulang yang sesuai dengan kondisi ideal.

Sementara itu, kebocoran akibat adanya lubang, retak ataupun kerusakan pada permukaan atap dapat diatasi menggunakan bahan berupa lem khusus. Lem khusus ini digunakan untuk merekatkan bagian yang bocor, berlubang ataupun retak. Tahapan yang dilakukan adalah :

1.    Mengidentifikasi bagian yang mengalami kebocoran
Pastikan Anda sudah menemukan sumber utama kebocoran yang akan ditambal, jangan sampai Anda salah posisi penambalan karena tidak akan menyelesaikan masalah kebocoran rumah Anda.

2.    Bersihkan permukaan yang akan ditambal
Setelah memastikan lokasi kebocoran, bersihkan permukaannya dengan benar dari debu-debu dan kotoran.

3.    Tambal dengan lem khusus
 Langkah selanjutnya adalah menambal bagian yang bocor menggunakan lem khusus. Lem khusus ini dapat Anda peroleh di toko-toko bangunan terdekat.

Memeriksa dan memperbaiki talang ataupun atap sebaiknya dilakukan sebelum masuk ke musim penghujan. Hal ini karena kebocoran yang tidak teratasi dan terkena air hujan terus-menerus akan memperparah keadaan dan dapat mengakibatkan Anda perlu mengeluarkan dana lebih untuk perbaikan. Anda bisa memperbaiki sendiri talang dan atap bocor Anda dengan cara-cara tadi atau gunakan bantuan pihak tukang berpengalaman. Rumah yang tidak bocor tentu akan nyaman ditinggali oleh Anda dan keluarga.

Post a Comment for "Cara Menambal Talang Seng yang Ampuh dan Mudah"